Minggu, 06 September 2009

rokok yang ngebetein

sumpah. tini kadang heran sama orang-orang yang suka ngerokok. sehari mereka bisa menghabiskan berbungkus-bungkus rokok. padahal, ughgh bau asapnya itu kan nyesekkin banget. tapi mereka kok malah menikmati??!!!
serasa menghirup chanel no 5. jelas-jelas rokok itu membahayakan jiwa, catet, jiwa saudara-saudara. ada nikotin, tar dan puluhan bahkan ratusan senyawa kimia berbahaya terkandung di dalamnya. banyak penelitian yang mengungkapkan kalo rokok bisa menyebabkan berbagai penyakit kayak kanker, jantung, impotensi, gangguan janin dll. bahkan kematian akibat berbagai macam kompliklasi. intinya rokok tuh nggak ada gunanya, ngabisin duit, bikin penyakit, ya emang awet muda soalnya, perokok jarang yang nyampe usia tua (kalaupun ada sakit-sakitan tuh).
yah kalo mau ngerokok, ngerokok aja sendiri, cari tempat sepi, kalo sakit, ya sakit sendiri. ini nggak, kebanyakan ngerokok di tempat-tempat umum. akibatnya banyak orang disekitarnya terpaksa merasakan sengasaranya asap rokok. kalo dibandingkan makan dan minum, bernafas itu super-super hak asasi manusia (komnas ham, bela dong hak asasi manusia yang satu ini.) rata-rata orang tahan nggak bernafas cuma sekitar 1 menit. sementara kalo seharian nggak makan en minum, masih bisalah. nah, para perokok pasif ini, malah resiko terkena dampak negatif rokok lebih besar, ujung-ujungnya kena deh penyakit-penyakit keren orang modern (jaman dulu ni penyakit jarang ada).
ngebetein lagi para perokok ini suka pura-pura nggak sadar. ngerokok di sembarang tempat. bahkan di ruangan ber AC. padahal ada tulisan, dilarang merokok. masa nggak bisa baca. ada yang batuk, tetep aja cuek. ditegur, malah marah-marah. ih ni orang, sumpah, bener-bener menyebalkan. ada lagi yang cuek ngerokok didepan anaknya, yang masih kecil. bener-bener merusak masa depan anaknya tuh. kalo dia sih, umur paling tinggal berapa taun juga. kalo anak kecil, langkah mereka masih panjang, masih ada kesempatan hidup berpuluh tahun.
jadi kalo ada yang bilang say no to drugs, tini menghimbau katakan tidak juga pada rokok.

0 komentar: